10 Jenis Pencurian Identitas Dan Cara Mencegah Mereka

Karena perubahan teknologi, metode yang digunakan oleh penjahat untuk mencuri identitas dengan cepat berubah setiap saat. Berikut ini adalah beberapa metode yang telah digunakan di masa lalu dan mereka dapat dibagi menjadi tiga kategori.

Informasi diberikan

Ini adalah metode paling sederhana yang digunakan orang untuk mencuri identitas orang lain. Ini sebagian besar disaksikan di situs jejaring sosial. Sangat penting bahwa Anda memiliki kontrol privasi di situs jejaring sosial Anda dan tidak menerima permintaan teman dari orang yang tidak Anda kenal.

Metode offline

    Dalih

Ini terjadi ketika pencuri identitas menghubungi bisnis dan menyamar sebagai pelanggan yang sah untuk meminta perincian informasi kontak mereka

    Peluncuran

Menangkap rincian yang dikodekan pada strip magnetik di belakang kartu kredit dan eftpos. Data-data ini kemudian dimasukkan ke dalam kartu hitam dan digunakan untuk mengakses akun.

    Selancar bahu

Ini terlihat dari balik bahu seseorang, ketika mereka memasukkan pin mereka di ATM, ketika menggunakan internet banking di tempat umum atau di terminal eftpos.

    Pencurian dompet atau dokumen

Ini mencuri atau memperoleh dokumen milik orang dan menggunakan informasi pada dokumen itu, jika ini dompet, kemungkinan ada banyak sekali informasi tentang orang tersebut di dompet.

    Pencurian catatan bisnis

Ini melibatkan mencuri data dari bisnis dan dapat berupa catatan kertas atau data yang terkomputerisasi. Data bisa dalam jumlah besar dari pada dalih dan keduanya juga dapat melibatkan anggota staf.

Metode online

    Malware

Ini adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyebabkan kerusakan pada sistem komputer atau untuk menumbangkannya untuk penggunaan yang berbeda dari yang dimaksudkan. Beberapa malware termasuk worm, trojan horse, backdoors, pencakar layar, root kit, dan spyware.

    Phishing

Ini memikat orang untuk memberikan informasi menggunakan email dan situs web mirror yang sepertinya berasal dari bisnis yang sah.

    Smishing

Ini sama dengan phishing; biasanya diarahkan ke ponsel. Perhatikan saat ponsel pintar semakin maju, begitu juga smishing.

    Spam

Ini adalah pesan elektronik yang tidak diminta yang dapat digunakan oleh penjahat yang melakukan phishing atau untuk mengirimkan malware.

    Peretasan

Ini mengeksploitasi kerentanan dalam sistem elektronik atau perangkat lunak komputer dengan tujuan mencuri data pribadi.

Bagaimana mencegah mengidentifikasi pencurian

    Hati-hati dengan informasi pribadi Anda dalam hal berapa banyak yang Anda berikan dan kepada siapa Anda memberikannya.
    Selalu konfirmasikan mengapa seseorang atau organisasi meminta informasi identitas Anda dan mencari tahu apa yang ingin mereka lakukan dengan informasi itu
    Selalu curiga terhadap peristiwa tak terduga seperti surat dari kreditor atau transaksi bank yang tidak dapat Anda ingat. Ini bisa sebagai akibat dari pencurian identitas.
    Pastikan Anda menghapus semua informasi pribadi dari komputer pribadi Anda sebelum membuangnya.
    Pastikan Anda membuang dengan benar, seperti merobek-robek atau membakar laporan bank Anda, tagihan listrik dan setiap korespondensi dengan nama dan alamat Anda di atasnya. Dokumen-dokumen ini tidak boleh dibuang di tempat sampah umum atau tempat sampah daur ulang.
    Jika Anda menggunakan internet banking, jangan lakukan itu di komputer bersama atau publik.
    Pergi untuk program asuransi pencurian identitas. Rencana perlindungan ini penting karena:

    Pencurian identitas tidak hanya terkait dengan kerugian finansial tetapi juga dapat dituntut untuk melakukan penipuan atau aktivitas ilegal lainnya yang membuat Anda bertanggung jawab.
    Sebagian besar perusahaan asuransi mengambilnya sendiri untuk menawarkan pemantauan kredit dan resolusi penipuan dan pemulihan. Ini terpisah dari cakupan pengeluaran Anda setelah kerugian Anda.
    Penanggung juga memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan jika terjadi pencurian identitas

Apa yang harus dilakukan jika Anda adalah korban pencurian identitas

– Letakkan Peringatan Penipuan di laporan Kredit Anda

Ini memberi tanda merah pada laporan kredit Anda dan memberi tahu kreditor dan kreditor bahwa mereka harus lebih berhati-hati saat memverifikasi identitas Anda sebelum memperpanjang kredit apa pun.

– Hubungi institusi yang terkena dampak langsung

Misalnya, jika kartu kredit Anda dicuri, laporkan masalah tersebut ke penerbit kartu kredit.

– Ajukan laporan polisi

Untuk menyelesaikan laporan pencurian ID Anda, hubungi petugas penegak hukum Anda dan melaporkan pencurian tersebut. Laporan pencurian akan membantu Anda saat berurusan dengan agen pelaporan kreditur.

– Lindungi nomor jaminan sosial Anda

Hubungi administrasi jaminan sosial dan layanan pendapatan internal untuk melindungi nomor jaminan sosial Anda.

– Hubungi komisi perdagangan federal

Dalam hal ini, Anda dapat mengajukan surat pernyataan Pencurian Identitas dan membuat laporan pencurian Identitas.

About The Author

Reply