Jaringan Nirkabel: Bagaimana Cara Kerjanya?

Jaringan nirkabel menggunakan gelombang radio alih-alih kabel untuk mengirimkan data antar komputer. Begini caranya:

Kode Biner: 1s dan 0s

Sudah diketahui bahwa daftar sbobet komputer mengirimkan informasi secara digital, menggunakan kode biner: satu dan nol. Ini diterjemahkan dengan baik ke gelombang radio, karena angka 1 dan 0 dapat diwakili oleh berbagai jenis bip. Bunyi bip ini sangat cepat sehingga mereka berada di luar jangkauan pendengaran manusia.

Kode Morse: Dots And Dashes

Ini bekerja seperti kode Morse, yang merupakan cara untuk mengirimkan alfabet melalui gelombang radio menggunakan titik (beep pendek) dan garis (beep panjang). Kode Morse digunakan secara manual selama bertahun-tahun melalui telegraf untuk mendapatkan informasi dari satu tempat ke tempat lain dengan sangat cepat. Lebih penting lagi untuk contoh ini, bagaimanapun, ini adalah sistem biner, sama seperti sistem komputer.

Jaringan nirkabel, kemudian, dapat dianggap sebagai kode Morse untuk komputer. Anda mencolokkan unit penerima dan pemancar radio gabungan, dan komputer dapat mengirimkan titik-titik dan tanda hubung (bit, dalam bahasa komputer) yang setara untuk mendapatkan data Anda dari sini ke sana.

Panjang Gelombang Dan Frekuensi

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana komputer dapat mengirim dan menerima data dengan kecepatan tinggi tanpa menjadi kacau. Kunci dari jaringan nirkabel adalah bagaimana mengatasi masalah ini.

Pertama, transmisi nirkabel dikirim pada frekuensi yang sangat tinggi, yang memungkinkan lebih banyak data dikirim per detik. Sebagian besar koneksi nirkabel menggunakan frekuensi 2,4 gigahertz (2,4 miliar siklus per detik) – frekuensi yang mirip dengan ponsel dan oven microwave. Namun, frekuensi tinggi ini menghasilkan panjang gelombang yang sangat pendek, itulah sebabnya jaringan nirkabel hanya efektif untuk jarak pendek.

Jaringan nirkabel juga menggunakan teknik yang disebut “frekuensi hopping.” Mereka menggunakan puluhan frekuensi, dan terus-menerus beralih di antara mereka. Ini membuat jaringan nirkabel lebih kebal terhadap gangguan dari sinyal radio lain daripada jika mereka dikirimkan pada frekuensi tunggal.

Poin Akses Internet

Langkah terakhir untuk jaringan nirkabel adalah menyediakan akses internet untuk setiap komputer di jaringan. Ini dilakukan oleh peralatan nirkabel khusus yang disebut titik akses. Jalur akses lebih mahal daripada kartu nirkabel untuk 1 komputer, karena mengandung radio yang mampu berkomunikasi dengan sekitar 100 komputer, berbagi akses internet di antara mereka. Jalur akses khusus hanya diperlukan untuk jaringan yang lebih besar. Dengan hanya beberapa komputer, dimungkinkan untuk menggunakan salah satu dari mereka sebagai titik akses, atau menggunakan router nirkabel.

Standar industri

Peralatan nirkabel dari berbagai produsen dapat bekerja sama untuk menangani komunikasi yang rumit ini karena ada standar yang memandu produksi semua perangkat nirkabel. Standar-standar ini secara teknis disebut 802.11. Karena kepatuhan industri dengan standar-standar ini, jaringan nirkabel mudah digunakan dan terjangkau saat ini.

Nirkabel Mudah Digunakan

Jika semua pembicaraan tentang frekuensi ini membuat Anda khawatir – santai saja. Perangkat keras dan lunak jaringan nirkabel menangani semua ini secara otomatis, tanpa perlu campur tangan pengguna. Jaringan nirkabel, dengan segala kemampuannya yang rumit, jauh lebih mudah digunakan daripada yang Anda harapkan.

About The Author

Reply